Daftar Paket Roaming Telkomsel Terbaru Tahun 2018 Beserta Cara Mengaktifkan

Advertisement

Jika kamu adalah seorang pelanggan Telkomsel baik yang prabayar maupun pascabayar yang sering bepergian ke luar negeri atau berencana melakukan travelling, paket roaming Telkomsel merupakan pilihan yang paling tepat menurut Admin untuk memenuhi kebutuhan komunikasi saat berada di luar Indonesia nantinya. Salah satu alasannya adalah jika dibandingkan dengan membeli kartu poivider seluler lokal negara tujuan, pastilah membutuhkan ‘prosedur’ yang agak rumit, misalnya mendaftarkan nomor yang baru dibeli, belum lagi harganya yang mungkin saja jauh lebih mahal kalau dikonversi ke mata uang Rupiah. Dengan membeli paket roaming kartu Telkomsel ini, biaya serta persiapan komunikasi menjadi lebih sederhana.

Ilustrasi Paket Roaming Telkomsel

Ilustrasi Paket Roaming Telkomsel

Paket-paket roaming Telkomsel sendiri terdiri dari dua kategori umum yaitu paket promo dan paket reguler. Di samping itu ada pula paket yang disebut dengan “non-paket”, yang berarti kartu Telkomsel yang digunakan tetap bisa digunakan di luar negeri tanpa membeli paket apapun.

Dua kategori paket roaming tersebut ada yang khusus kuota internet, telpon dan SMS serta gabungan dari ketiganya. Nah, dengan tersedianya banyak pilhan tersebut tentunya kamu bisa menyesuaikan dengan kebutuhan, sebagai contoh kalau kamu merasa dengan membeli paket roaming data Telkomsel sudah bisa memenuhi semua kebutuhan komunikasi di luar negeri, maka belilah paket itu saja, sebab sekarang ini paket data sudah bisa juga dipakai untuk menelpon, misalnya menggunakan aplikasi chatting seperti WhatsApp dan Telegram.

Sebelum Admin memaparkan daftar paket roaming Telkomsel tersebut, ada baiknya Admin tuliskan dulu daftar tarif non-paket yang bisa langsung digunakan tanpa perlu mendaftar terlebih dahulu.

  • Internet: Rp 2.500 per 10 KB
  • Telpon ke Indonesia: Rp 20.000 per menit
  • Telpon ke negara roaming: Rp 15.000 per menit
  • Telpon ke negara lain: Rp 45.000 per menit
  • Menerima telpon: Rp 15.000 per menit
  • Menerima SMS: Rp 6.000 per SMS

Sedangkan di bawah ini adalah daftar paket roaming Telkomsel yang bisa kamu beli ketika akan berangkat ke luar negeri. Silahkan pilih salah satu paket yang tertera sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Paket Promo Roaming Telkomsel

Paket promo roaming Telokomsel terdiri dari 3 jenis yakni paket promo Asia Australia, paket promo Eropa Amerika dan satu lagi paket promo Umroh dan Timur Tengah. Daftar paket serta tarifnya silahkan lihat pada list di bawah ini:

Paket promo Asia Australia Roaming Telkomsel

Paket promo Asia Australia Roaming Telkomsel

 

Paket promo Eropa Amerika

Paket promo Eropa Amerika

 

Paket promo Umroh dan Timur Tengah

Paket promo Umroh dan Timur Tengah

Negara-negara yang termasuk dalam paket promo Asia Australia adalah Malaysia, Singapura, Autralia, China, Hongkong, Makau, Korea Selatan, Thailand, Timor Leste, Filiphina, India, Jepang, Taiwan, Selandia Baru, Laos dan Vietnam. Sementara itu negara yang termasuk ke dalam paket promo Eropa Amerika antara lain Swedia, Ukraina, Amerika Serikat, Austria, Albania, United Kingdom, Yunani, Romania, Slovakia, Spanyol, Belanda, Belgia, Ceko, Denmark, Perancis, Polandia, Portugal, Finlandia, Hungaria, Italia, Latvia, Luksemburg, Norwegia, Jerman, Jersey, Kanada dan Kroasia.

Untuk negara-negara yang termasuk pada paket roaming Telkomsel dalam paket promo umroh dan Timur Tengah negaranya lebih sedikit yaitu hanya 8 negara saja. Kedelapan negara itu adalah Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Palestina, Turki, Qatar, Jordan, Israel dan Mesir.

Paket Reguler Roaming Telkomsel

Paket reguler roaming Telkomsel juga terdiri dari 3 pilihan saja dan oleh karena ini paket reguler, maka dari segi harga sedikit lebih mahal daripada paket promo di atas. Ketiga pilihan aket reguler tersebut adalah paket reguler Asia Australia, paket reguler Eropa dan reguler Amerika Afrika. Pilihan semua paket reguler tersebut beserta harganya silahkan langsung saja lihat berikut ini.

Paket reguler Eropa

Paket reguler Eropa

 

Paket reguler Amerika Afrika

Paket reguler Amerika Afrika

 

Paket reguler Asia Australia

Paket reguler Asia Australia

Negara yang termasuk kedalam paket reguler Asia Australia antara lain Timor Leste, Uni Emirat Arab, Vietnam, Uzbekistan, Arab Saudi, Australia, Banglades, Srilanka, Taiwan, Thailand, Brunei Darussalam, China, Selandia Baru, Singapura, Filipina, Hongkong, India, Iran, Papua Nugini, Qatar, Israel, Jepang, Jordan, Kamboja, Pakistan, Palestina, Kazakhstan, Korea Selatan, Mongolia, Myanmar, Oman, Malaysia, Kuwait, Laos dan Makau. Sedangkan negara-negara yang ada pada paket reguler Amerika Afrika adalah Amerika Serikat, Ghana, Guatemala, Honduras, Afrika Selatan, Argentina, Brazil, Nikaragua, Panama, Peru, Uruguay, Chile, Ekuador, El Salvador, Maroko, Meksiko, Mesir, Kanada, Kolombia dan Kosta Rika.

Sementara itu daftar negara yang terdapat dalam paket reguler roaming Tekomsel Eropa adalah Slovakia, Spanyol, Swedia, Swiss, Albania, Austria, Belanda, Vatikan, Yunani, Turki, Ukraina, United Kingdom, Belgiua, Bulgaria, Ceko, Rusia, Romania, Portugal, Finlandia, Estonia, Denmark, Norwegia, Perancis, Polandia, Islandia, Italia, HUngaria, Islandia, Luxemburg, Moldova, Malta, Jerman, Latvia, Kroasia, Lithuania dan Liechtenstein.

Cara Mengaktifkan Paket Roaming Telkomsel

Setelah melihat list paket beserta hargannya di atas, tentu tidak lengkap tulisan ini tanpa disertai cara mendaftar paket-paket tersebut. Cara mendaftarkan termasuk mudah, ada dua pilihan metode untuk mengaktifkannya yaitu melalui aplikasi MyTelkomsel dan satu lagi via menu dial UMB.

Sebelum kamu mendaftarkan paket roaming mana saja, pastikan dulu bahwa pulsa kamu mencukupi. Minimal pulsa saat mendaftar yang paling pas menurut Admin sekitar Rp 200.000. Angka tersebut memang tergolong besar, tujuannya selain untuk kebutuhan membeli paket, juga agar nanti kalau ada kebutuhan mendadak, tidak perlu repot melakukan pengisisan pulsa atau dengan kata lain untuk berjaga-jaga.

Metode menggunakan aplikasi MyTelkomsel sendiri adalah yang paling mudah dilakukan. Langkah pertama silahkan buka aplikasinya, lalu cari menu Roaming dan silahkan pilih paket yang ingin dibeli. Apabila kamu sudah klik “beli” selanjutnya tunggu SMS notifikasi dari Telkomsel yang menyatakan bahwa pembelian paket roaming telah berhasil. Jangan lupa ikuti juga petunjuk yang bisanya disertakan dalam SMS itu.

Pembelian paket roaming melalui aplikasi MyTelkomsel memerlukan akses internet, berbeda dengan membeli via menu dial pada UMB yang tidak membutuhkan koneksi jaringan internet. Sesuaikan saja situasi dengan metode pembelian paket yang menurutmu paling mudah.

Sementara itu jika ingin membeli paket roaming Telkomsel menggunakan kode dial UMB, silahkan langsung ketikkan *266# pada ponsel yang digunakan, lalu tekan OK atau Call. Selanjutnya silahkan pilih paket dari daftar menu yang muncul. Kalau sudah dipilih, langkah selanjutnya sama dengan pembelian lewat aplikasi di atas, yaitu tunggu SMS konfirmasi dari Telkomsel yang menyatakan pembelian sukses dilakukan.

Sebagai catatan tambahan, proses pembelian sebaiknya dilakukan saat masih berada di Indonesia agar nantinya setelah sampai di negara tujuan bisa langsung dipergunakan tanpa perlu repot lagi. Dari list paket di atas, bisa dilihat bahwa harga paket untuk negara Eropa dan Amerika memang dijual lebih mahal. Hal itu bisa dimaklumi karena jarak antara negara kita dengan kedua benua tersebut cukup jauh. Nanti kalau kamu misalnya menelpon akan ada kemungkinan delay suara penelpon sebagai akibat dari jauh jarak tersebut.

Demikianlah ulasan tentang daftar paket roaming Telkomsel yang disertai dengan harga paket beserta cara mandaftar oleh pelanggan. Semoga bermanfaat.

Advertisement
Daftar Paket Roaming Telkomsel Terbaru Tahun 2018 Beserta Cara Mengaktifkan | | 4.5