Apakah Kartu Masa Tenggang Bisa Diisi Pulsa? Ini Jawabannya

Advertisement

Apakah kartu masa tenggang bisa diisi pulsa? Dengan menjamurnya WiFi belakangan ini, tak sedikit di antara kita yang lupa mengisi pulsa di masing-masing kartu. Padahal, kartu yang tak juga diisi pada akhirnya akan dimatikan oleh pihak provider.

Beberapa tahun yang lalu, kondisi ini diperparah dengan kebiasaan orang Indonesia yang suka membuang-buang kartunya sendiri. Situs berita CNN bahkan sampai mencatat bahwa kebiasaan tersebut menyebabkan kerugian hingga 2 triliun bagi perusahaan telekomunikasi. Oleh sebab itulah, saat ini syarat kepemilikan Sim Card terus diperketat oleh pemerintah.

Nah, bagi Anda yang karena satu atau lain sebab lupa mengisi pulsa hingga memasuki masa tenggang, yuk simak penjelasan di bawah ini. Selain akan mengulas pertanyaan mengenai apakah kartu masa tenggang bisa diisi pulsa atau tidak, kami juga akan membagikan beberapa info terkait lainnya. Namun sebelumnya, mari pahami dulu mengenai apa itu masa tenggang.

Apa itu Masa Tenggang?

Masa tenggang adalah masa yang diberikan oleh provider sebelum akhirnya kartu dinonaktifkan. Umumnya, masa tenggang sebuah kartu berlaku hingga 30 hari. Provider akan mengirimkan notifikasi (biasanya berupa sms) ketika masa tenggang sudah mulai diberlakukan.

Selama masa tenggang, Anda masih bisa memanfaatkan kartu tersebut untuk berbagai keperluan. Anda bisa menelepon, mengirim SMS, menerima panggilan, WA, browsing internet, dan lain sebagainya selama nominal pulsanya mencukupi.

Apakah Kartu Masa Tenggang Bisa Diisi Pulsa?

As, Simpati, dan Loop (Telkomsel)

Telkomsel merupakan provider paling prestige di Indonesia. Perusahaan ini mengeluarkan 3 produk andalannya, yakni As, Simpati, dan Loop. Ketiganya masih bisa diisi pulsa ketika sudah berlangsung masa tenggang.

Cara pengisian pulsanya pun tak berbeda dengan cara pengisian pulsa saat kartu masih aktif. Anda bisa membeli pulsa secara langsung atau membeli pulsa dalam bentuk voucher. Selain membeli pulsa, Anda juga bisa membeli kuota internet seperti biasanya.

Kartu telkomsel akan keluar dari masa tenggangnya tatkala Anda melakukan pengisian tersebut. Supaya tak repot, Anda juga dapat membeli paketan masa aktif. Berikut ini daftar harganya.

• 7 hari: Rp 5.000,-
• 30 hari: Rp. 15.000,-
• 90 hari: Rp. 30.000,-

XL Axiata

PT XL Axiata Tbk adalah perusahaan yang didirikan Rajawali Wira Bhakti Utama. Sejak dirintis hingga hari ini, XL berhasil menjadi salah satu provider yang disukai masyarakat nusantara.

Tentang apakah kartu masa tenggang bisa diisi pulsa XL atau tidak, jawabannya jelas iya. Sama seperti telkomsel, dan kartu-kartu lainnya, pengisian pulsa justru akan meningkatkan masa pakai. Pun begitu dengan pengisian kuota internet yang juga bisa menambah masa aktif Sim Card.

Berikut ini nominal pulsa dan masa aktif yang bisa Anda peroleh:

  1. Rp. 1.000: 2 hari
  2. Rp. 5.000: 7 hari
  3. Rp. 10.000: 15 hari
  4. Rp. 15.000: 20 hari
  5. Rp. 20.000: 30 hari
  6. Rp. 25.000: 30 hari
  7. Rp. 30.000: 35 hari
  8. Rp. 40.000: 40 hari
  9. Rp. 50.000: 45 hari
  10. Dan seterusnya

Axis

Kartu Axis pada mulanya dikelola oleh PT Axis Telekom. Momen-momen awal kemunculan kartu ini, memicu sebuah kontroversi yang cukup unik yang sempat menjadi perbincangan hangat di masyarakat.

Namun sejak tahun 2013 hingga 2014, Axis mulai dikelola oleh PT XL Axiata Tbk. Alhasil, seringkali kebijakan XL dan Axis sangat identik. Misalnya saja penambahan masa aktif dengan nominal pulsa yang sama antara kedua sim card tersebut.

Smartfren

Smartfren merupakan sim card yang dikelola dan diproduksi oleh PT Smartfren Telecom Tbk yang pendirinya merupakan seorang pemilik Sinar Mas. Smartfren dikenal sebagai kartu non GSM yang murah. Sebagai kartu non GSM, sim card smartfren tak bisa dipasang di sembarang ponsel.

Meski berbeda dengan kartu GSM, namun untuk urusan apakah kartu masa tenggang bisa diisi pulsa atau tidak, jawabannya serupa. Kartu ini pun masih bisa diisi pulsa dan kuota internet meski sudah memasuki masa tenggang.

jawaban Apakah Kartu Masa Tenggang Bisa Diisi Pulsa

Tri

Kartu Tri atau 3 adalah kartu yang dikelola oleh perusahaan yang menjadi bagian dari Hutchison Asia Telecom. Di Indonesia, kartu ini populer sebagai kartu yang menyediakan layanan lebih murah dibanding provider lainnya.

Sebagaimana kartu yang disebut sebelumnya, 3 juga masih bisa diisi pulsa dan paket data meski sudah memasuki masa tenggang. Untuk Anda yang penasaran mengecek masa tenggangnya sendiri, silahkan kirim SMS ke 234. Selanjutnya pilih masa aktif untuk mendapatkan informasi terkait masa aktif kartu Anda tersebut.

Tri sendiri menyediakan paket khusus pembelian masa aktif. Anda bisa membayar Rp. 50.000,- dan kartu tersebut akan terus on selama 12 bulan.

Indosat

Indosat Ooredoo dikelola oleh PT Indosat Tbk. Kartu ini dikenal sebagai kartunya anak muda yang menyediakan harga cukup terjangkau.

Kartu Indosat masih bisa diisi pulsa dan paket data meski sudah memasuki masa tenggang. Pengisian pulsa pun akan meningkatkan masa aktif sim card tersebut. Pulsa 100 ribu, misalnya, akan menambah masa aktif hingga 75 hari.

Tabel Ringkasan Apakah Kartu Masa Tenggang Bisa Diisi Pulsa

KartuBisa Diisi Pulsa Saat Masa TenggangKartuBisa Diisi Pulsa Saat Masa Tenggang
Telkomsel (As, Simpati, Loop)Bisa dengan batas 30 hariSmartfrenBisa dengan batas 30 hari
XLBisa dengan batas 30 hariTriBisa dengan batas 30 hari
AxisBisa dengan batas 30 hariIndosatBisa dengan batas 30 hari

Solusi Bila Sudah Lewat Masa Tenggang

Di atas telah dijelaskan apakah kartu masa tenggang bisa diisi pulsa atau tidak. Singkatnya, secara umum hal itu memungkinkan untuk dilakukan pada semua provider yang populer di Indonesia.

Kartu dalam masa tenggang sendiri memang belum memasuki jatuh tempo. Dus, fungsinya tetap sama seperti sedia kala. Pengisian pulsa atau kuota paket data yang dibeli pun justru akan meningkatkan masa aktifnya.

Namun, kadang kala, karena beberapa alasan, kartu tersebut dinonaktifkan oleh pihak provider. Bila demikian, apa yang harus dilakukan?

Eits, jangan panik. Untuk hal seperti ini, ternyata kartu masih mungkin dipulihkan kembali. Hanya saja, caranya memang tidak mudah. Untuk XL, misalnya, Anda harus berkunjung ke XL center. Begitu pula untuk mengurus Tri, Anda harus ke kantor layanan customer Tri.

Di sana, Anda perlu menjelaskan bahwa nomor yang ingin diaktifkan lagi tersebut adalah milik Anda. CS akan menanyakan beberapa hal untuk memastikan hal tersebut.

Bila Anda memang pemiliknya pun, CS tidak bisa langsung mengaktifkan nomor lama tersebut lagi. Sebab CS harus memeriksa dulu apakah nomor itu sudah dipakai orang lain atau belum. Barulah bila belum, Anda bisa mendapatkan nomor tersebut kembali dengan harga pada kisaran beberapa ratus ribu rupiah.

Mahal? Memang. Oleh karena itulah, segera isi pulsa untuk kartu Anda bila baru memasuki masa tenggang. Toh, pertanyaan mengenai apakah kartu masa tenggang bisa diisi pulsa atau tidak sudah jelas jawabannya; bisa!

Advertisement
Apakah Kartu Masa Tenggang Bisa Diisi Pulsa? Ini Jawabannya | | 4.5