Bayar Listrik Pakai Shopee Paylater Ternyata Caranya Mudah dan Murah

Advertisement

Bayar listrik pakai shopee paylater? Bagaimana caranya? Apakah layanan tersebut aman dan terjamin?

Beberapa dari Anda yang sedang bingung membayar tagihan listrik mungkin ada yang bertanya-tanya demikian. Anda mungkin sedang mengalami masalah finansial, tidak bisa keluar rumah karena sakit, atau malah sedang malas pergi ke konter pulsa untuk sekadar membeli token listrik.

Intinya, Anda tertarik dengan layanan tersebut. Sebab, tawaran tersebut memberikan kemudahan di mana Anda tidak perlu segera membayar token listrik saat itu juga.

Namun, sebelum memutuskan menggunakannya tentu ada baiknya Anda mengenali terlebih dahulu layanan ini. Jangan sampai Anda menggunakan layanan yang tidak dipahami sama sekali.

Dus, hal pertama yang perlu dipahami adalah mengenai apa dan siapa di balik layanan tersebut. Barulah setelah itu, kita bisa membahas secara detail mengenai cara bayar listrik pakai shopee paylater.

Apa Itu Shopee Paylater?

Shoppe Paylater adalah suatu layanan yang memungkinkan pengguna untuk melakukan hutang atau penundaan pembayaran via toko daring tersebut. Kredit tersebut bisa digunakan pada berbagai produk dan jasa, termasuk di antaranya token listrik.

Layanan ini ditawarkan oleh Shopee yang bekerja sama dengan PT Commerce Finance dengan pengawasan langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Keduanya merupakan perusahaan terpercaya yang besar di bidangnya masing-masing. Shopee adalah online shop besar di Asia tenggara sedangkan PT Commerce Finance adalah perusahaan penyedia kredit dengan track record yang baik.

SpayLater juga bukan layanan yang asing di antara perusahaan sejenis. Sebab Ojek, Tokopedia, dan lainnya pun menyediakan layanan kredit serupa.

shopee

Syarat dan Ketentuan Agar Bisa Bayar Listrik Pakai Shopee Paylater

SPayLater tak bisa digunakan oleh sembarang orang. Berikut ini syarat dan ketentuan untuk menikmati fitur tersebut dikutip dari Shopee secara langsung.

• Akun Shopee telah terverifikasi
• Usia akun minimal 3 bulan
• Akun sering digunakan untuk bertransaksi di aplikasi terkait
• Telah update dengan aplikasi terbaru Shopee
• Telah melakukan aktivasi Shopee Paylater
• Cicilan bisa dilakukan hingga 12 kali
• Jatuh tempo pada tangga 5 dan 25 setiap bulannya

Cara Bayar Listrik Pakai Shopee Paylater

Proses penggunaan SPayLater untuk mendapatkan token listrik secara umum melewati 3 tahapan, yakni pendaftaran SPayLater, pengajuan kredit untuk pembelian token, lalu pembayaran sesuai biaya yang telah ditentukan. Rincian langkahnya adalah sebagai berikut.

Pendaftaran Shopee PayLater

  1. Klik Saya di Shopee, setelah itu pilih SPayLater
  2. Tekan Aktifkan Sekarang
  3. Shopee akan mengirimkan kode OTP via SMS. Tunggu kode tersebut dan masukkan ke form yang tersedia. Ingat, jangan memberikan kode tersebut ke siapapun.
  4. Tekan lanjut.
  5. Unggah foto Kartu Tanda Penduduk. Usahakan fotonya jelas dan tidak blur.
  6. Isi form berupa keterangan Nama serta NIK.
  7. Tekan Konfirmasi.
  8. Pilih Informasi Tambahan lalu klik konfirmasi
  9. Selanjutnya, Anda tinggal melakukan verifikasi wajah. Namun pada proses ini, memang ada potensi terjadi eror di mana wajah tidak terdeteksi. Silahkan lakukan refresh dan bila perlu download ulang aplikasi Shopee di Playstore.
  10. Akan masuk notifikasi bahwa SPayLater Anda sedang diproses.
  11. Tunggu putusan dari pihak Shopee untuk menyetujui permintaan tersebut atau tidak.
langkah Bayar Listrik Pakai Shopee Paylater

Pengajuan Kredit Token Listrik dengan SPayLater

Bila akun SPayLater Anda telah berhasil diaktivasi, silahkan ikuti langkah-langkah ini untuk bayar listrik pakai Shopee Paylater.

  1. Masuk ke pembelian token listrik di Shopee. Pilih token listrik, bukan pasca bayar.
  2. Masukkan nomor meter atau ID pelanggan PLN. Nomor meteran sendiri bisa Anda dapatkan di area sekitar barcode yang terpasang pada meteran.
  3. Pilih nominal token yang ingin dibeli. Di Shopee tersedia pengisian mulai nominal Rp. 20.000,- hingga 50 juta.
  4. Pilih PayLater untuk metode pembayarannya.
  5. Catat dan silahkan gunakan kode token yang Anda dapatkan.

Pembayaran Tagihan SPayLater

  1. Klik menu Saya
  2. Pilih SPayLater
  3. Klik Bayar Sekarangan
  4. Klik Tagihan Bulan Ini
  5. Klik lagi Bayar Sekarang
  6. Pilih metode pembayaran yang dikehendaki
  7. Lakukan konfirmasi dan bayar sekarang lagi
  8. Lakukan pembayaran
  9. Tunggu pembayaran tersebut diproses
  10. Bila dalam waktu 24 jam tagihan belum terlunasi, segera kontak Customer Service

Selain bisa membayar tagihan menurut periode jatuh temponya, Anda juga bisa melakukan pembayaran lebih awal. Caranya pun mudah. Pada poin 4 silahkan pilih Tagihan Bulan Depan lalu klik Bayar Lebih Dulu. Setelah itu, silahkan lakukan pembayaran seperti biasanya.

Kelebihan Bayar Listrik Pakai Shopee Paylater

Terpercaya

Layanan ini bukanlah layanan fintech abal-abal yang membahayakan pengguna. SPayLater seperti telah disinggung di atas diawasi oleh OJK dan merupakan hasil kerja sama antara Shopee dengan PT Commerce Finance.

PT Commerce Finance sendiri dulunya dikenal sebagai perusahaan pembiayaan kredit mobil yang dimiliki oleh New Armada Group. Track record perusahaan ini terbilang baik dengan perkembangan yang positif dari tahun ke tahun.

Mudah dan Terjangkau

Tak sedikit kalangan yang sebenarnya enggan untuk berhutang. Namun karena satu atau lain alasan, masalah finansial bisa terjadi. Dalam hal ini, SpayLater menawarkan layanan kredit yang lebih terjangkau dengan nominal yang beragam.

Untuk pembayaran token listrik, misalnya, Anda bisa berhutang mulai dari nominal 20 ribu rupiah saja. Anda tak perlu berhutang dengan nominal besar seperti pada bank yang justru bisa memperburuk kondisi keuangan yang tengah bermasalah.

Syarat yang Mudah

Secara umum, syarat untuk mendapatkan layanan ini cukup mudah. Aktivasinya bahkan hanya mensyaratkan usia akun 3 bulan dan dokumen wajib berupa KTP dan KK. Tidak diperlukan jaminan-jaminan khusus seperti sertifikat rumah dan kendaraan.

Harga, Cicilan, dan Biaya

Cicilan untuk layanan bayar listrik pakai Shopee Paylater bisa dilakukan 3, 6, hingga 12 bulan dengan jatuh tempo setiap tanggal 5 dan 25. Bunga minimal yang harus dibayar adalah 2,95%.

Contoh, Anda ingin membeli token dengan nominal Rp. 200.000,-. Bunga yang harus dibayarkan adalah 2,95% dikali 200 ribu rupiah. Dus, totalnya Anda harus membayar Rp. 205.900,-. Dalam perhitungan biaya ini, juga terdapat biaya 1 persen yang notabene merupakan fee untuk penanganan.

Lantas bagaimana bila Anda sampai terlambat membayar pada jatuh tempo yang disepakati? Bila kondisinya demikian, Shopee akan melakukan beberapa tindakan yang cukup tegas. Pertama, Anda harus membayar denda sebesar 5% per bulannya.

Katakanlah total tagihan yang harus Anda bayar berjumlah Rp. 100.000,-. Anda harus membayarnya pada 5 Juni 2021. Namun, Anda malah melakukan pembayaran pada 5 Mei 2021. Dus, Anda harus membayar Rp. 105.000,- di mana Rp. 5.000,- adalah 5% dari total tagihan Rp. 100.000,- yang harus Anda bayar.

Selain denda, keterlambatan juga bisa menyebabkan Anda kehilangan akses voucher, pencatatan nama di Sistem Layanan Informasi Keuangan OJK, hingga penagihan oleh debt collector. Jadi usahakan jangan telat membayar ya. Apalagi secara keseluruhan, layanan bayar listrik pakai Shopee Paylater ini cukup mudah dan terjangkau.

Advertisement
Bayar Listrik Pakai Shopee Paylater Ternyata Caranya Mudah dan Murah | | 4.5